Iklan

Minggu, 29 Mei 2011

Tonality Warna Pada Keramik dan Granit

Dalam membangun rumah, harga tentunya menjadi sebuah patokan untuk mengatur biaya konstruksi dan kita sering tergoda dengan harga murah dan iming-iming diskon yang ditawarkan toko. Sebelumnya perlu Anda ketahui, bahwa dalam proses konstruksi terkadang banyak hal terjadi diluar rencana; ada keramik yang pecah dalam pengiriman, salah potong atau salah pemasangan, dan salah perhitungan sehingga jumlahnya menjadi kurang dari hitungan semula. 
Nah, menyikapi hal-hal tidak terduga tersebut, ada beberapa hal yang harus jadi pertimbangan Anda ketika melakukan pembelian ulang atau order ulang keramik/granit. Salah satunya ada yang disebut dengan "tonality". Tonality adalah perbedaan tebal tipisnya warna keramik. Kode tonality sendiri terdapat pada sisi luar kardus kemasan, biasanya bersebelahan dengan nama keramik atau kode barang dan standar kualitasnya. 

Bila Anda membeli keramik dan ternyata kurang sehingga Anda harus memesan kembali, jangan lupa untuk membawa contoh keramiknya atau kardusnya karena bila tonality-nya berbeda maka akan terlihat belang setelah dipasang atau disandingkan dengan keramik sebelumnya. 

Contoh kode keramik
Keterangan gambar :
1. Kualitas keramik
    Pada gambar tertulis "P" yang artinya keramik ini merupakan kualitas 2.
2. Nama motif keramik
    Biasanya disitu tertulis nama keramik dan warnanya. 
    Pada gambar tertulis Xenon (nama motifnya) Green (jenis warnanya, yaitu hijau)
3. Kode produksi
    Tiap-tiap pabrik mempunyai cara penulisan kode masing-masing sebagai panduan 
    bila ada komplain atau kesalahan produksi, bisa juga untuk mencari produk yang sama
    bila ada permintaan tambahan dari konsumen.
4. Kode tonality
    Kode tonality pun berbeda-beda cara penulisannya untuk tiap pabrik.
    Biasanya ada kode size-nya juga karena keramik pun ada S, M dan L-nya
    walaupun hanya berbeda nol koma sekian milimeter.


Apa hubungannya tonality dengan budget Anda? Orang bilang, harga tidak pernah bohong, pepatah itu benar adanya. Jadi usahakan Anda tidak tergiur dengan potongan harga, karena biasanya keramik yang ditawarkan dengan harga miring adalah keramik yang sudah tidak diproduksi lagi atau stok lama. Jadi bila ada kekurangan pada saat pemakaian, akan sangat sulit bagi Anda untuk mencari kekurangannya. Dan kalaupun Anda mendapatkannya, mungkin tonality-nya tidak lagi sama.

Sayang 'kan kalau rumah Anda terlihat jelek karena keramiknya belang? Jangan pula berpikiran kalau keramik putih tidak ada tonality-nya. Karena semua warna memiliki tonality masing-masing termasuk yang putih. Keramik beda tonality, bila disandingkan hanya 1 lembar saja mungkin tidak terlihat jelas perbedaannya, tapi setelah terpasang maka hasilnya akan sangat kasat mata. 

kode keramik 2
Keterangan gambar
1. Nama motif keramik
2. Kode produksi dan ukuran keramik
    Disitu tertulis kodenya "LL", berarti ukurannya lebih besar sedikit dari standarnya.
    Nantinya jika harus menyambung atau menambah, cari kode ukuran yang sama juga.
3. Kode Tonality
4. Ukuran asli keramik
    Disitu tertulis 297x297 mm yang artinya keramik ini masuk ke kelompok keramik
    ukuran 300x300 mm tetapi ukuran aslinya seperti tertulis di atas.
    Bila digabungkan dengan keramik produksi pabrik lain (merk lain) belum tentu nat-nya ketemu
    atau bisa membentuk garis lurus. Karena beda pabrik, beda kualitas barangnya.
5. Jumlah isi
    Biasanya tiap kardus keramik berukuran 1 m2, terlepas dari jumlah kepingannya.
    Kecuali untuk ukuran 60x60 cm biasanya 1 kardus lebih dari 1 m2 atau malah kurang dari 1 m2.


Walaupun sama ukuran dan warnanya tetapi beda pabrik hasil produksi barangnya pun akan berbeda baik dari tonality warnanya, permukaannya dan ukurannya. Khusus untuk ukuran, masing-masing pabrik mempunyai standar tersendiri, jadi usahakan agar tidak sembarang mengkombinasikan keramik dari pabrik yang berbeda-beda dalam satu ruangan. Bila ruangannya berbeda, mungkin masih oke karena bisa diberi penyekat/pembatas antar ruangannya dari keramik atau granit juga. 

Pesan dari kami, pada saat Anda sedang membangun atau merenovasi rumah usahakan untuk menyimpan kardus keramik atau granitnya, agar nanti mudah mencari barangnya di toko bila terjadi kekurangan. Lebih baik lagi bila Anda bisa menyimpan cadangan 1-2 dus keramik/granit yang tidak terpakai untuk berjaga-jaga. Seandainya pada saat Anda memindahkan barang, keramik/granitnya pecah tertimpa benda berat, maka Anda masih memiliki cadangan yang dapat dipakai untuk mengganti. Dan tonality-nya pasti sama :)

4 komentar:

  1. mau tanya bang...ane beli keramik dinding 25x33 platinum kw 1 (menurut pedagang dan tulisan di boxnya)...cuma ada masalah keramik mengalami kembung dibagian tengah merata di semua keramik...apa itu wajar...

    seri yang ane beli grade A tipe dago basic tonal grey caliber 26...tapi di boxnya juga ada kode 08A2A16 sementara beberapa box lainnya kode 08A2B16. yang kode nya ane tulis terakhir yang cembungnya paling kentara...

    pertanyaan ane apa maksud kode itu?
    kenapa ada perbedaan kode, sementara grade, tonal dan calibernya sama?

    sebelumnya ane ucapin terima kasih atas infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idealnya keramik tidak ada kembung dibagian tengahnya, tetapi dari setiap kali produksi bisa jadi ada keramik yang kembung dan masuk ke dus. Karena di pabrik itu sendiri pengecekan atau QC bersifat random alias acak.

      Bila kembungnya tidak terlalu parah maka tidak terlalu masalah, pada waktu pemasangan ada baiknya dicek masing-masing keramik dan dipisahkan, yang kembungnya terlalu parah kalau bisa jangan dipasang.

      Setahu kami grade atau KW merk Platinum menggunakan huruf A, B dan C. Bisa jadi kode yang berbeda berarti KW 1 dan KW 2. Akan tetapi bisa juga kode produksi yang berbeda, lain hari atau shift hasil produksinya bisa jadi berbeda.

      Lebih baik tanyakan kembali pada penjualnya dan kalo bisa minta keramik dengan kode yang benar-benar sama bila keramiknya sejenis.

      Hapus
  2. saya baru kemarin beli keramik platinum ascot white kw 2 di daerah pasar minggu seharga rp 41.000. setelah barang datang, di dus nya tertulis kode C. klo saya telaah postingan di atas, kw 2 itu grade B. apakah saya tertipu? kalau memang iya, apa yang harus nya saya lakukan? mohon petunjuknya, tq..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh pengetahuan kami, pada pricelist Platinum hanya dicantumkan 2 jenis saja A dan B. Biasanya untuk Kw3 atau C dari pabrik sendiri memberikan dus polos atau tanpa merek. Bisa Anda tanyakan lagi ke Platinum langsung. Untuk no. tlpnya ada di www.platinumceramics.com, semoga bisa jadi masukan. Terima kasih

      Hapus