Iklan

Selasa, 24 November 2009

Kamar mandi mungil? Bukan masalah

Harga tanah yang semakin mahal menuntut kreatifitas konsumen dalam membangun rumah tinggal. Seringkali dalam proses perancangan rumah tinggal, kamar mandi menjadi area yang “dikorbankan” agar ruangan lainnya bisa lebih maksimal. Namun hal ini bisa disiasati.

Sebagai contoh, gambar berikut ini adalah sebuah kamar mandi yang berukuran 2 x 2,5m dan si pemilik rumah menginginkan berbagai jenis sanitari di dalamnya (bathtub, kloset dan wastafel). Berikut adalah sketsa ruangan tampak atas.


Bagaimana caranya agar ruangan tersebut tidak terlihat sempit dengan ukuran bathtub yang cukup besar dalam kamar mandi tersebut?

Cara pertama, pakailah keramik/granit berwarna cerah, karena warna cerah akan membuat ruangan terasa lebih luas, hal ini merupakan efek psikologis dasar.

Cara psikologis yang kedua adalah gunakan keramik / granit berukuran besar agar ruangan tidak terasa sempit (kebalikannya untuk ruangan yang besar, gunakan keramik / granit dengan ukuran yang kecil). Penggunaan keramik / granit berukuran besar dimaksudkan untuk mengurangi garis nat, sehingga kamar mandi yang mungil tidak terlihat bergaris-garis.

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah aksen atau area fokus pada kamar mandi, istilah kerennya center of attention.

Usahakan untuk menempatkan aksen pada bagian yang terlihat pertama kali ketika membuka pintu kamar mandi atau pada bagian yang sering terlihat ketika kita sedang melakukan aktifitas di dalam kamar mandi tersebut, seperti misalnya wastafel atau bathtub. Jangan memberi terlalu banyak aksen pada kamar mandi mungil Anda karena akan membuat ruangan terasa overload.

Kembali untuk denah kamar mandi di atas, salah satu solusi yang kami terapkan adalah dengan menggunakan warna keramik yang lebih gelap untuk mempertegas fungsi ruangan. Pilihlah warna yang senada dengan sanitari yang akan digunakan agar hasilnya terlihat serasi.




Aksen dapat diaplikasikan di area bathtub. Untuk kamar mandi ini, kami membuat aksen dengan menempatkan mosaik di tengah-tengah keramik. Pada kamar mandi ini terlihat penggunaan keramik ukuran besar. Gunakan keramik yang rectified atau empat sisinya dipotong dari pabrik, sehingga tidak ada window frame atau bevel. Keramik rectified akan sangat membantu mengurangi jarak nat, sehingga jarak antar keramik dapat dibuat setipis mungkin dan ruangan akan terlihat bersih dan luas.




Aksen juga dapat kembali diterapkan di bagian wastafel, dengan mosaik yang sama namun dengan cara pemasangan yang berbeda. Untuk kasus ini, kami meletakkan aksen dengan metode vertikal dan ramping agar ruangan terlihat tinggi, karena ruangan tersebut tidak terlalu lebar.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mensiasati ketinggian ruangan, untuk kamar mandi berukuran kecil ada baiknya jika plafon dibuat agak tinggi sehingga terlihat lebih luas dan tidak pengap.



Bagaimana bila plafon kamar mandinya tidak bisa dibuat lebih tinggi? Maka keramik/granitnya yang ditinggikan, caranya?

Gunakan keramik/granit dengan ukuran persegi panjang dan pasang dengan posisi vertikal agar dinding Anda terlihat tinggi. Jangan dipasang mendatar atau horisontal karena itu akan membuat kamar mandi Anda terlihat semakin kecil dan sempit.

Tentunya pencahayaan pun akan berpengaruh pada efek ruangan tersebut, bila lampunya redup maka ruangan pun akan terkesan suram dan sempit. Jadi usahakan agar kamar mandi mungil diberi ventilasi yang cukup atau pencahayaan yang terang.

Poin tambahan, pada saat merencanakan sanitari yang akan digunakan, bacalah spesifikasi produk yang akan dipakai dan ukurannya. Sesuaikan dengan bentuk kamar mandi agar Anda nyaman beraktivitas didalamnya.

Nah, sekarang kamar mandi mungil Anda pun bisa menjadi istimewa.

14 komentar:

  1. Hai, kamar mandi saya ukurannya kecil sekali, cuma 1,8x1,2m saya tertarik memakai shower atau walk in bath tub, apakah bath tub yang anda tunjukkan ini model yang seperti itu? brp ya ukurannya? merk apa? harganya berapaan? maaf ya banyak bertanya, makasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
  2. Dengan ukuran kamar mandi ibu, sepertinya agak sulit bila ingin memakai bathtub. Terlebih bila ingin bathtub seperti pada gambar denah contoh kami, bathtub tersebut disebut bathtub sudut dan ukurannya antara 1,25m sampai 1,5m. Merek bathtub sendiri ada banyak, ada Fiesto, VR, Meridian, dll.

    Apakah maksud Ibu adalah ingin menggunakan walk in shower atau shower box? Bila iya, itu masih memungkinkan untuk kamar mandi Ibu, shower box/screen ukurannya 90x90cm. Ada yang berbentuk sudut atau seperempat lingkaran dan ada juga yang berbentuk kotak. Bila Ibu ingin yang ukurannya disesuaikan dengan lapangan ada pula yang menjual partisi untuk shower dan pintu gesernya, agar lebih tidak memakan tempat untuk kamar mandi Ibu. Bentuknya adalah kaca biasa diberi kusen almunium, untuk yang lebih bagus dengan menggunakan kaca tempered da tanpa kusen atau frame less (tetapi harganya lebih mahal).

    Untuk harga mungkin lebih baik Ibu bertanya langsung dengan toko-toko Sanitary disekitar lokasi Ibu. Semoga jawaban kami membantu. Silakan hubungi kami kembali bila ada yang masih belum jelas. Terima kasih

    BalasHapus
  3. hai...untuk kamar mandi ukuran 2 m x 1,8 m saya ingin ada bathtube, kloset, shower, dan wastafel. sebaiknya sketsa ruangan kamar mandinya seperti apa ya???
    thank's

    BalasHapus
  4. Anda bisa terlebih dahulu mengirimkan denah sederhana bentuk ruangan kamar mandi Anda. Yang penting adalah posisi pintu kamar mandi tersebut ada dimana? Dan apakah pintu tersebut pintu geser atau pintu engsel biasa serta arah membuka pintunya? Setelah kami terima, akan kami bantu dengan membuatkan gambar denah serta analisa atau masukan untuk Anda. Terima kasih

    BalasHapus
  5. untuk ukuran kamar 3x3 , bgmn denah kamar yang baik apabila akan ditambahkan kamar mandi dan ukuran kamar mandinya berapa ?

    BalasHapus
  6. Yth. Bapak/Ibu,

    Untuk menjawab pertanyaan dari Anda, alangkah lebih baik bila bapak/ibu bisa memberikan gambaran denah kamar tersebut. Lengkap dengan posisi pintu dan jendela. Dikarenakan posisi pintu dan jendela sangat penting untuk menata ruang kamar tidur itu nantinya, dan sebagai gambaran bagi kami bagaimana bapak/ibu melakukan katifitas didalam kamar tersebut.

    Kami selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk kepuasan pelanggan kami, sehingga kami memerlukan data-data tersebut. Bila bapak atau ibu tidak dapat emngirimkan gambara atau foto, bisa juga di deskripsikan dengan kata-kata nanti kami mencoba menggambar denahnya lengkap dengan furnitur dll.

    Terima kasih atas komentar Anda, kami tunggu kabar selanjutnya.

    Salam,
    Ruddy Iskandar

    BalasHapus
  7. saya punya kamar mandi 2 x 3, dan saya ingin menggunakan bathtub, shower walk in, closet, and wastafel.
    bagaimana ya sebaiknya??

    BalasHapus
  8. Saya coba buatkan denahnya ya Pak, tapi ini hanya atas asumsi saya saja. Bila ukuran bersih kamar mandi bapak benar berukuran 2x3 dan posisi pintu seperti pada gambar saya. Maka hasilnya seperti ini..





    Apakah sudah sesuai dengan kamar mandi Anda yang sebenarnya? Semoga membantu...

    BalasHapus
  9. saya mau nanya,
    kamar mandi ukuran 2x2 apakah bisa menggunakan bath tub+shower???
    bath tub yang mana bagusnya ya???
    tolong bantuannya

    BalasHapus
  10. Bisa bu, asalkan Bathtub dan shower-nya jadi satu seperti pada gambar berikut.


    Gambar diatas juga hanya asumsi saja bila ukuran bersih kamar mandi Ibu benar2 2x2, karena posisi pintu dan ukuran aslinya saya tidak tahu.

    Untuk bath tub, kalo menurut saya disesuaikan modelnya dengan konsep kamar mandi Ibu, apakah mau minimlais, klasik atau lainnya.
    Masalah yang bagus relatif juga yah Bu, tergantung budget Ibu saja. Yang saya tahu ada yang terbuat dari acrylic dan onyx dan tembaga.
    Yang acrylic lebih tipis dibandingkan dengan yang onyx, kalo tembaga harganya agak mahal dan bersifat klasik.
    Yang pernah kami pakai di proyek adalah merek VR, Meridian, TOTO dan American Standards, serta Halmar. Semuanya sama bagus kok.

    BalasHapus
  11. pak untuk ukuran kamar mandi P 2,8M dan L 1,5M maksa nga kalau pake bathtub? terimakasi

    BalasHapus
  12. Bisa saja Pak/Bu, setahu saya ada bathtub dengan ukuran panjang 1,5x0,75 M ato 0,8 M.

    Tapi kembali lagi, yang perlu diperhatikan adalah sanitary apa saja yang akan ditempatkan di kamar mandi tersebut serta posisi penempatannya.

    Posisi pintu kamar mandi dan jenisnya juga penting, apakah pintu geser/dorong atau pintu biasa. Karena pintu geser tidak terlalu banyak memakan tempat. Dan kalau pintu biasa, bukaannya ke arah mana dan seberapa besar pintu tersebut. Biasanya ukuran pintu kamar mandi antara 70-80 cm.

    Semoga membantu, jika masih ada yang kurang jelas, silakan ditanyakan kembali. Terima kasih.

    BalasHapus
  13. gak masalah mungil asal tampilan warna abu-abu lebih keren dan pengen punya satu knyak gambar pertama... terima kasi dan salam kenal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, terima kasih sudah mampir dan meninggalkan jejak..he2x

      Hapus