Minggu, 15 Mei 2011

Cara Memasang Keramik Dinding

Selamat datang!
Kali ini kami ingin mencoba membahas mengenai cara/teknik pemasangan keramik dinding.

Untuk apa ya? Kan yang pasang keramik nantinya tukang, bukan Anda sendiri?

Eits, jangan salah. Dengan membaca artikel ini Anda bisa menambah wawasan Anda soal proses konstruksi, sehingga nantinya Anda bisa menyeleksi mana tukang yang kerjanya bagus dan mana yang tidak. Karena nantinya kan hasil akhirnya menyangkut rumah Anda dan kepuasan Anda sendiri :)

Mari kita mulai…
Ada berbagai macam cara memasang keramik, disini kami mencoba menjabarkan cara yang baik dan benar yang biasa kami lakukan di lapangan :
1. Rendam keramik yang akan dipasang kurang lebih 15-30 menit sebelum digunakan.

Rendam keramik.
Kondisi keramik sesudah direndam
Hal ini dilakukan supaya bagian bawah keramik yang masih berpori dapat menyerap air, sehingga sewaktu diberi adukan semen bisa menempel atau menyatu (Bila tidak diberi air maka air dalam adukan semen akan terserap oleh keramik. Dan adukan semen akan menyusut sehingga menyisakan ruang kosong serta membuat keramik tidak menempel dengan baik. Setelah sekian waktu kemungkinan keramik bisa terlepas dari tempatnya).


2. Tempelkan adukan semen dan pasir  pada dinding yang akan dipasang keramik. Lalu biarkan sebentar, supaya agak mengering. Usahakan agar adukan semen dan pasirnya jangan terlalu encer agar dapat menempel dengan baik pada dinding.

Menempelkan adukan semen pada dinding.
Adukan semen yang kental.
3. Ketika hendak diletakkan pada dinding, beri kembali sedikit air pada bagian belakangnya untuk memastikan bahwa keramik tetap dalam kondisi basah ketika diberi lapisan semen.  

Basahi kembali bagian belakang keramik
4. Berikan adukan semen pada bagian belakang keramik.
Ratakan lapisan semen tersebut. Untuk bagian pinggir keramik jangan diberi semen terlalu tebal, karena ketika keramik ditekan/dipukul untuk meratakan permukaannya, lapisan semen yang di tengah akan lari ke arah pinggir dan mengisi ruang kosong tersebut.

Pelapisan semen pada keramik
Ratakan sampai ke bagian pinggir
Bila pada pinggiran keramik diberi terlalu banyak semen, nantinya keramik akan sulit untuk ditekan/diratakan. Juga akan mengotori permukaan keramik karena semen akan keluar/muncrat kemana-mana dan pada akhirnya jadi pemborosan bahan. 

5. Letakkan keramik pada posisinya lalu tekan/pukul dengan palu karet agar permukaannya sejajar dengan tali atau keramik di sebelahnya.

Ratakan permukaan keramik dengan palu karet.
Paku penahan agar keramik tidak turun posisinya.
Untuk keramik dinding, pemasangan dimulai dari bagian paling atas ke bagian paling bawah. Untuk menahan agar posisi keramik tidak melorot ke bawah, gunakan paku sebagai pengganjal.  


6. Setelah itu berikan spacer atau patokan besar nat keramik.

Spacer untuk nat keramik
 Bisa menggunakan berbagai macam benda yang kira-kira sesuai tebalnya serta sama ukurannya satu dan lainnya. 

7. Lalu tekan/pukul dengan palu karet sehingga keramik menjepit spacer tersebut.

Merapatkan nat keramik bagian atas
Ini dimaksudkan agar besarnya nat keramik sama semua (seragam).  

8. Cek kembali apakah permukaannya sudah rata dengan bagian atas, bawah atau sampingnya.
Cek bagian ujung keramik
Karena dalam proses produksinya kemungkinan terdapat beberapa buah keramik yang kondisinya melengkung, sehingga bagian pojok atas kiri atau kanan sudah rata tetapi bagian bawah kiri atau kanannya bisa jadi menonjol keluar atau malah masuk ke dalam. 

9. Isi bagian samping dan bawah keramik agar tidak ada sisa ruang kosong.

Isi bagian samping keramik.
Bagian dalam yang kosong akan mengakibatkan keramik kurang kuat menghadapi tekanan nantinya. Siapa tahu di bagian tersebut akan dipasang tempat handuk yang perlu dibor atau dipaku. Bila bagian tersebut kosong maka keramik akan mudah pecah. 

10. Jangan lupa untuk membersihkan permukaan keramik.

Bersihkan permukaan keramik.
Pada waktu pemasangan biasanya permukaan keramik akan terkena adukan semen. Pada dasarnya keramik memiliki lapisan glaze yang membuat kotoran dan semen tidak mudah menempel, namun alangkah baiknya jika keramik Anda yang baru ini dibersihkan supaya terlihat bersih dan mengkilap.
11. Biarkan beberapa waktu, agar adukan semen mengering dan keramik diam pada tempatnya ketika paku penahan dicabut.

Keramik yang sudah dicabut paku penahannya.
Bila keramik bergeser setelah dicabut paku penahannya, rapikan kembali keramik pada posisi yang benar dan berikan sedikit semen kering pada bagian bawah, atas atau sampingnya. Hal ini untuk mempercepat adukan semen supaya mengering dan mengeras. 

12. Untuk pemasangan keramik berikutnya prosesnya mengulang kembali dari atas.

Bersihkan bagian samping keramik
Namun sebelum meletakkan keramik, pastikan bagian samping atau bawah keramik yang sebelumnya bersih dari gumpalan atau sisa-sisa semen agar tidak ada yang mengganjal diantara kedua keramik dan besarnya nat bisa disesuaikan atau disamaratakan.

Demikianlah langkah-langkah yang biasa kami lakukan pada saat memasang keramik di proyek kami.  Semoga artikel ini membantu menambah wawasan Anda untuk semakin memahami proses konstruksi. Salam sukses selalu.

22 komentar:

  1. bang ane mau tanyak, step 4. Berikan adukan semen pada bagian belakang keramik.

    itu semen+air saja atau semen,pasir+air.....?

    BalasHapus
  2. Pakai semen dan air saja,supaya lebih cepat keringnya dan menempel lebih kuat.

    BalasHapus
  3. kalau dindingnya sudah diaci semen, perekat antara keramik dan dinding pakai semen + air atau pakai semen + pasir+ air bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dindingnya sudah diaci, cukup gunakan semen+air agar adukan dibelakang keramik tipis saja. Tetapi jangan lupa aciannya mesti dirusak/diketrek dulu sedikit agar semen+air bisa menempel dengan baik ke dinding.

      Hapus
  4. Mohon solusinya agar pemasangan keramik agar tidak banyak yg kosong pada bagian bawah
    Trims
    Yoni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya pada bagian belakang keramik? Seperti yang sudah kami jelaskan di dalam artikel, berikan adukan semen pada bagian belakang keramik secara merata (jangan terlalu encer). Lalu pasang di posisinya dan di ketuk/tekan dengan palu karet, sisa semen yang berlebih akan turun ke bawah atau sisi-sisinya. Tinggal dibersihkan dan dikuas dengan air.

      Hapus
  5. bang bgmn caranya memasang keramik kedinding kalsiboard, agar menempel dgn baik dan kuat? mhn penjelasannya...

    BalasHapus
  6. Bisa pakai semen plus perekat dari MU (merk MU) atau AM atau Lemkra. Untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan pada SPG mereka di supermaket bahan bangunan.

    BalasHapus
  7. setelah terpasang semua untuk finishingnya gimana gan.. apa untuk mengisi celah antar keramik.? dempul atau semen biar serasi ama keraniknya.?

    BalasHapus
  8. Setelah semua terpasang untuk finishing pake dempul apa pake semen putih gan agar serasi ama warna keramik.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung warna keramiknya, lebih baik bila memakai nat keramik dengan warna yang senada. Gunanya untuk menutupi kekurangan pada saat pemasangan atau keramik itu sendiri (bila ada yang gumpil) serta membuat kamar mandi terasa lebih luas karena garis antar keramiknya tidak terlalu kelihatan.

      Hapus
  9. bang, bagaimana untuk pemasangan keramik mozaik di dinding dapur? apakah sama dengan pemasangan keramik biasa? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda, kalo mosaik lebih sulit memasangnya. Jadi dinding diplester terlebih dahulu agar rata, lalu mosaik ditempelkan pada plester semen yang masih basah tersebut.

      Untuk meratakan posisinya harus dipukul dengan palu karet tetapi tidak langsung pada mosaiknya. Melainkan pada potongan papan yang diletakan dipermukaan mosaik tersebut. Maksudnya agar posisi kepingan mosaik tersebut menjadi sejajar saat dipukul.

      Lalu posisi atau barisannya harus diatur ulang setelah dipukul, karena biasanya bagian belakang mosaic hanya direkatkan dengan jaring dan jaring tersebut terkadang menjadi longgar atau tidak beraturan bentuknya karena menahan beban kepingan mosaik pada saat akan dipasang.

      Hapus
  10. Tulisan yg bermanfaat, terimakasih, bisa belajar sendiri karena semakin mahal ongkos tukang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Pak Danang. Kami justru membagikan berbagai hal yang kami pelajari di lapangan dari tukang kami supaya konsumen mengerti mana tukang yang bagus dan bisa menghargai mereka.

      Hapus
  11. jdi gini bng saya dpet kerjaan renovasi granite tile 60x60 d bundaran utama kota curup... itu kondisinya kena hujan panas terus.. jdi beberapa keramik lepas dan yg belum lepas pun mudah d lepas.. untuk pemasangan lama kayaknya mnggunakan semen biasa.. ada yg bisa kasih saran pake semen apa untuk kondisi ini..mu-400 bagus gak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai semen MU-400 atau merk lain yang khusus untuk pasang granit bisa dan cukup bagus. Karena semen tersebut mengandung lem sehingga daya rekatnya lebih tinggi dibanding semen biasa. Terima kasih.

      Hapus
  12. keep posting, pak. sangat membantu. terima kasih sudah berbagi ilmu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Pak untuk respon positifnya :)

      Hapus
  13. Apakah bisa dimulai dr bawah ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dipasang dari bawah Pak, tergantung kondisi di lapangan.

      Hapus